Cara Melaporkan Nomor Telepon PenipuanSMS Panggilan Kerja Penipuan - Di zaman yang serba canggih seperti saat ini banyak sekali terjadi penipuan dengan berbagai cara. Salah satunya yang sangat sering terjadi sekarang ini adalah penipuan lowongan kerja (lowongan kerja palsu) yang proses melamar kerjanya cukup melalui sms. Nah untuk meminimalisir meluasnya jenis penipuan ini, sebaiknya anda melaporkan nomor telepon penipu ke operator seluler yang dipakai oleh penipu tersebut.

Persaingan dalam mencari pekerjaan dewasa ini semakin ketat. Banyak orang yang berlomba-lomba dalam memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Namun tidak jarang mereka gagal diterima bekerja pada perusahaan tempat mereka melamar.

Kegagalan seperti inilah yang sering kali dimanfaatkan oleh oknum-oknum penipu untuk mencari keuntungan. Mereka seolah-olah bak perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan dengan menawarkan posisi serta persyaratan yang terbilang mudah.

Nah bagi pelamar-pelamar yang sebelumnya sudah mengalami kegagalan dan sudah putus asa, maka akan cukup tergiur dengan adanya lowongan-lowongan pekerjaan yang persyaratannya tidak sulit untuk dipenuhi.

Keuntungan yang diperoleh oleh oknum-oknum penipu ini biasanya berbentuk uang, jumlahnya pun bisa bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Nah supaya kita tidak terjerat dengan penipuan yang berkedok lowongan pekerjaan ini, simak beberapa ciri-ciri lowongan kerja palsu di bawah ini.

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Penipuan (Palsu)

1. Menggunakan Domain Email gratisan
2. Mencantumkan website gratisan
3. Diedarkan lewat pesan singkat dan Media Sosial
4. Langsung wawancara tanpa tes
5. Menelpon langsung dan menyampaikan bahwa sudah mengirimkan Email atau SMS yang Perlu untuk segera ditindaklanjuti.
6. Lokasi interview yang jauh dari domisili calon korban
7. Menggunakan nomor seluler biasa
8. Mengaku sebagai HRD
9. Meminta sejumlah uang
10. Proses melamar kerja cukup melalui SMS

Poin nomor 10 di atas merupakan salah satu jenis penipuan lowongan pekerjaan yang saat ini sedang marak di Internet. Dimana pelakunya memposting informasi lowongan pekerjaan di website-website ataupun di media sosial. Sekilas informasi lowongan kerja tersebut terlihat sama dengan informasi lowongan pekerjaan pada umumnya. Dimana memuat profil perusahaan, posisi/jabatan yang dibutuhkan serta persyaratan/kualifikasi yang dibutuhkan.

Namun kejanggalan mulai terlihat ketika sampai pada informasi cara melamar pekerjaan penipuan tersebut, yakni proses melamar kerja cukup dengan mengirimkan SMS/WA sesuai dengan format yang ditentukan ke nomor yang dicantumkan pada halaman informasi lowongan kerja tersebut. Lihat gambar di bawah:



Namun sedikit sekali orang yang sadar bahwa lowongan kerja seperti ini adalah palsu. Sangat tidak masuk akal jika perusahaan-perusahaan besar dalam merekrut karyawan barunya hanya melalui SMS/WA. Hal ini terkesan perusahaan tidak mau tahu bahwa calon pelamarnya lulusan apa, punya kemampuan apa dan lain sebagainya. Karena memang proses pelamarannya tidak menggunakan Surat Lamaran Kerja, CV serta berkas-berkas lamaran kerja lainnya seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Pas Foto, KTP dan lain sebagainya.

Pelamar hanya diminta untuk mengirimkan biodata singkat pelamar melalui SMS ke Nomor Seluler yang tertera. Dan yang anehnya lagi tidak sampai 1 hari kita akan mendapat panggilan melalui SMS yang mengatakan bahwa kita lulus seleksi data. Isi SMS biasanya juga memuat alamat perusahaan yang berbeda dengan alamat aslinya.

Nah supaya oknum-oknum penipu ini jera dan berhenti mencari keuntungan dengan cara yang merugikan banyak orang seperti ini, maka kita laporkan ke operator seluler yang dipakai oleh pelaku tersebut. Simak caranya di bawah ini:

Cara Melaporkan Nomor Telepon Penipuan Ke Operator Seluler

1. TELKOMSEL

Jika Pelakunya menggunakan Nomor Telkomsel, maka silahkan kirimkan SMS dengan format sebagai berikut:

Penipuan#nomor penipu#isi penipuan# kirim ke nomor 1166

Contoh:
Penipuan#081360897654#penipuan berkedok lowongan kerja# lalu kirim ke nomor 1666


2. XL

Jika pelakunya menggunakan Nomor XL, maka silahkan kirim sms dengan format sebagai berikut:

lapor#nomor penipu#isi penipuan. Kirim ke nomor 5883

3. INDOSAT

Jika pelaku menggunakan nomor Indosat, maka silahkan kirim sms dengan format sebagai berikut:

SMS(spasi)nomor penipu(spasi)isi penipuan. Kirim ke nomor 726

Note:
Untuk isi penipuan anda boleh memasukkan SMS panggilan kerja yang dikirimkan oleh penipu tersebut.

Jika lebih dari 2 orang saja melaporkan nomor yang sama tersebut, maka secara otomatis nomor tersebut akan diblokir permanen oleh operatornya. Layan ini juga tidak memakan pulsa alias gratis. Jadi segera laporkan berbagai macam jenis penipuan, baik yang berkedok lowongan kerja seperti pada kejadian yang kami sebutkan di atas ataupun jenis-jenis penipuan lainnya seperti undian berhadiah.

Nah itulah tadi Cara Melaporkan Nomor Telepon Penipuan ke Operator Seluler yang bisa anda lakukan jika mendapatkan informasi lowongan pekerjaan sebagaimana ciri-ciri lowongan kerja penipuan (palsu) yang sudah saya jelaskan di atas. Terima kasih dan semoga kita tidak sampai terjerat dengan modus-modus penipuan berkedok lowongan kerja seperti ini.
Dilarang Copy-Paste artikel di blog ini dan apabila kami menemukan artikel dicuri tanpa mencantumkan sumber link blog Amplopcokelat.com maka tak segan akan kami laporkan !

Berlangganan artikel Gratis langsung via email...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar